Pelatihan Basic Cyber Security Bagi Staff Yayasan Kebaya

Di era digital seperti sekarang, kesadaran terhadap keamanan cyber sangat penting dipahami setiap pengguna internet. Cyber security adalah hal yang penting dalam upaya melindungi sistem komputer dari serangan siber dan akses ilegal. Ancaman-ancaman ini dapat berupa serangan malware, pencurian data, unauthorized access, penggunaan resource perusahaan atau organisasi secara ilegal, dll.

Cyber security adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari serangan atau akses ilegal. Mengacu dari International Telecommunications Union (ITU), tindakan cyber security ini mencakup alat, kebijakan, konsep keamanan, dll, yang dapat digunakan untuk melindungi organisasi, dan aset pengguna

Oleh karena pentingya hal ini, Yayasan Kebaya merasa perlu mengadakan Pelatihan atau edukasi Basic Cyber Security Bagi Staff Yayasan Kebaya, sebagai bagian dari program Digitalent yang bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar di bidang informasi dan teknologi.

Pelatihan IT ini dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 11-12 Agustus 2022, bertempat di Kantor Sekretariat Yayasan Kebaya Yogyakarta. Dan difasilitasi oleh Bu Anna Marsianna ( Founder & Director of INSPiRE NGO Consulting dan Bread For The World (BfdW) Consultant ) dan juga ahli IT dari Jerman, Mr. Mathias Pfeifer ( Speaker Case Work – FIAN International is a global human rights organization-FIAN DEUTSCHLAND).

Para staff yang hadir diberi pemahaman mengenai apa itu data pribadi, pentingnya menjaga keamanan data, langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan data, mulai dari pemilihan password yang rumit, penggunaan password manager, melakukan enkripsi data, mencegah infeksi malware, serta pentingnya melakukan backup data agar data yang tersimpan bisa tetap diakses jika seandainya ada kejadian yang tidak diinginkan.

Bagikan post ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.