Optimalisasi Riset Proyek Yayasan Kebaya Yogyakarta-Outright International

Yogyakarta, 25 Mei 2024 – Dalam upaya memperkuat kapasitas pengelolaan data komunitas transpuan, Yayasan Kebaya mengadakan kegiatan diskusi dan pengenalan aplikasi KoboToolbox. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem dan cara kerja aplikasi KoboToolbox sebagai platform pengumpulan, pengelolaan, dan visualisasi data yang akan digunakan dalam penelitian dalam Project Riset Yayasan Kebaya-OutRight International.

Kegiatan yang bertajuk “Transformasi Pengetahuan Riset Usaha ke Vokal Point Kebaya / E-Numerator” ini dihadiri oleh tim enumerator Yayasan Kebaya yang terdiri dari Mbak Arum, Bunda Yetti, Mbak Sheilla, dan Mami Tata. Pimpinan yayasan, Mami Vinolia dan Mami Rully, juga hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif penting ini.

Sebagai narasumber dan fasilitator, Mas Saptawidi dan Mbak Novi memandu jalannya kegiatan dengan penuh keahlian. Mas Saptawidi membuka sesi dengan menjelaskan pentingnya data dalam pengambilan keputusan strategis dan bagaimana KoboToolbox dapat menjadi solusi efektif untuk pengumpulan data lapangan. Ia menjelaskan bahwa aplikasi ini telah digunakan secara global dalam berbagai penelitian dan proyek pengembangan, memberikan kredibilitas yang tinggi pada alat ini.

Mbak Novi melanjutkan dengan penjelasan mendetail mengenai fitur-fitur utama KoboToolbox. Ia membimbing peserta melalui langkah-langkah pembuatan kuesioner digital, metode pengumpulan data menggunakan perangkat mobile, serta teknik visualisasi data yang dapat membantu dalam analisis dan pelaporan. Peserta diberikan kesempatan untuk langsung mencoba aplikasi tersebut melalui sesi praktikum yang dipandu oleh narasumber.

Diskusi berlangsung interaktif dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Mbak Arum, Yetti, Sheilla, dan Tata aktif bertanya mengenai tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasi aplikasi ini di lapangan dan bagaimana cara mengatasinya. Mami Vinolia dan Mami Rully juga memberikan masukan berharga terkait kebutuhan khusus komunitas transpuan yang mereka naungi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bahwa tim enumerator Yayasan Kebaya dapat mengimplementasikan KoboToolbox dengan efektif dalam pengumpulan data komunitas transpuan. Langkah ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas data yang dikumpulkan, tetapi juga akan memperkuat kapabilitas yayasan dalam menyusun strategi dan program yang lebih berbasis data.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan ungkapan terima kasih dari pimpinan yayasan kepada para narasumber dan seluruh peserta. Semua yang hadir pulang dengan semangat baru dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang bagaimana teknologi dapat mendukung perjuangan komunitas transpuan di Yogyakarta.

Dengan adanya kegiatan ini, Yayasan Kebaya berharap dapat terus berinovasi dan memperbaiki sistem pengelolaan data mereka, demi mendukung komunitas transpuan dengan lebih baik dan efisien.

Bagikan post ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *