Konsultasi Bersama HMC NGO Consulting Semarang, Dalam Rangka Persiapan Audit External Independen

Yayasan Kebaya mengadakan aktivitas konsultasi bersama HMC NGO Consulting Semarang, dalam rangka persiapan Audit External Independen dari KAP (Kantor Akuntan Publik) Partner Brot für die Welt (BfdW). Kegiatan yang berlangsung di Kantor Sekretariat Yayasan Kebaya Yogyakarta ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 18-20 Agustus 2022. Adapaun materi yang dibahas adalah apa itu audit dan seberapa pentingnya audit external dari KAP independent untuk meningkatkan kepercayaan terhadap lembaga donor.

Menurut Arum Sigit Radityo Sudomo. CA, CPA dari HMC NGO Consulting Semarang, mengapa audit internal saja belum cukup untuk sebuah organisasi atau perusahaan?. Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah audit secara eksternal jadi kunci untuk memenangkan kepercayaan publik dan lembaga donatur terhadap sebuah organisasi.

Aktivitas pemeriksaan keuangan yang dilakukan oleh pihak di luar organisasi yang independen, ini umumnya dilakukan lembaga amaupun kantor akuntan publik atau KAP yang telah bersertifikat. Dalam hal ini Yayasan Kebaya merasa perlu melakukan langkah-langkah persiapan terhadap aktivitas auditor eksternal yang bertugas memeriksa, menguji, dan menilai kewajaran laporan keuangan perusahaan/organisasi.

Tujuan utama para auditor eksternal bekerja adalah guna menyampaikan opini dalam proses pemeriksaan atas perusahaan secara independen. Dari hasil temuan para auditor pihak ketiga ini, perusahaan dapat menilai apakah laporan keuangan tahunannya sudah benar sesuai peraturan perundangan berlaku dan benar mencerminkan keadaan organisasi/perusahaan terkini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan bahwa proses dilakukan secara efektif dan mengikuti mekanisme kontrol yang sesuai, dan juga bertujuan untuk mendeteksi peluang perbaikan dalam proses audit” lanjut Arum Sigit.

.

Bagikan post ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.