Audit Eksternal Yayasan Kebaya Yogyakarta oleh KAP Hananta dan Rekan Semarang

Kegiatan Audit Eksternal Yayasan Kebaya Yogyakarta bersama Kantor Akuntan Publik (KAP) Hananta dan Rekan Semarang berlangsung cukup baik, pada tanggal 4 – 8 Sept 2022. Proses audit dilaksanakan di Sekretariat Yayasan Kebaya dihadiri oleh Direktur Yayasan Vinolia Wakijo, Program Manajer Rully Mallay, Staff Finance Mas Pram serta staff yang lain.

Selama 3 hari pertama, auditor junior KAP Hananta Ayu Intan Pratiwi memberi opini secara profesional, melihat pembukuan organisasi, memverifikasi keakuratan dan kelayakan pengeluaran organisasi yang dinyatakan dalam pernyataan keuangan proyek. Kunjungan Audit External Lapangan, dan wawancara terkait program ketahanan pangan berkebun komunitas dan wawancara dengan pegiat usaha UMKM dan Credit Union komunitas transpuan di DIY, khusunya di titik komunitas Yayasan Kebaya Yogyakarta.

Proses audit wawancara ke penerima manfaat program ketahanan pangan salah satu UMKM Transpuan

Pada hari ke-4 melakukan Closing Meeting Audit Eksternal KPA Hananta Semarang dan Partner via aplikasi Zoom Meeting yang dihadiri oleh seluruh staff Yayasan Kebaya. Dalam kesempatan secara daring ini, auditor memberi pemahaman sistem, prosedur, kontrol, dan proses yang ideal dalam suatu organisasi nirlaba. Mulai dari sistem dan prosedur yang rapi, sumber daya manusia dengan keahlian yang sesuai, hingga perlengkapan yang memadai dapat meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan oleh suatu organisasi nirlaba, terutama kaitannya dengan program yang akan dijalankan.

Harapan yang diinginkan dari kegiatan Audit Eksternal ini, adalah memastikan bahwa laporan keuangan Yayasan Kebaya dikelola secara transparan, akuntabel dan sesuai dengan prinsip prinsip akutansi. Dengan kata lain, tingkat kepercayaan terhadap informasi yang disajikan diciptakan dari keadaan dan kondisi lingkungan yang baik, yang lebih dikenal dengan istilah sistem pengendalian internal. memverifikasi keakuratan dan kelayakan pengeluaran organisasi secara profesional.

Foto bersama diakhir kegiatan Audit bersama auditor Ayu Intan Pratiwi

“Terima kasih Bu Ayu, auditor Kantor Akuntan Publik Hananta dan Patner Semarang yang telah melakukan tugas audit dalam Program Ketahanan Komunitas Transpuan DIY kerjasama Yayasan Kebaya dengan BfdW. Kami mendapatkan banyak pengetahuan dan input untuk proses audit, Insya Allah semua masukan kami terima untuk perbaikan kinerja dalam membangun Kebaya yang lebih akuntable dalam pengelolaan keuangan dan program2 yang ditujukan untuk komunitas & ODHA di DIY” ujar Bunda Rully Mallay akhir kegiatan.

Bagikan post ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.